Kamis, 29 Desember 2011

12 pilar marketing.







12 Pilar Marketing merupakan rangkuman konsep pemasaran yg sangat dahsyat<br />






 
12 Pilar Marketing merupakan rangkuman konsep pemasaran yg sangat dahsyat,
yakni 12 cara menyentuh target market. Kebanyakan orang hanya melakukan
sebagian saja. Padahal, jika mampu melakukan kedua belas pilar ini, orang
tersebut akan mendapatkan hasil yg sangat dahsyat!







1. Publik Relation,
Publisitas, atau Press Release




 



 


Banyak orang tidak menggunakan atau jarang menggunakan sarana press
release, padahal hal itu adalah sarana awareness yg paling murah dan
efektif karena dalam sekali kesempatan (waktu) bisa menyentuh banyak
orang sekaligus. Bagaimana caranya?




• Harus layak berita



• Kirim kepada lebih dari 1 majalah



• Tulis dalam surat pengantar, nama majalah2 yg dikirimi artikel ini &
sebutkan bahwa hanya 1 majalah yg paling cepat memberikan respons yg boleh
memuat berita tersebut dan melakukan wawancara ekslusif



• Follow up dengan telepon



2. Referral





 



 


Yang menyentuh market bukanlah kita sendiri. Contohnya adalah member
get member.



3. Endorsement





 



 


Yang menjual bukanlah kita sendiri. Endorsement hampir sama dengan
referral. Perbedaannya, dalam referral biasanya satu orang mengajak
seorang lainnya maksimum beberapa orang, sedangkan dalam endorsement
satu orang bisa mengajak seribu orang, atau semua orang di dalam
kategorinya



4. Advertising






 



 


Iklan ada banyak hal, seperti Televisi, Koran Nasional, Koran Lokal,
Majalah, Spanduk, Brosur, Baliho, Website, Stiker, Yellow Pages, Radio,
Kartu Nama, dll



5. Direct Mail





 



 


Biasanya direct mail adalah lebih tepat ke target market dibanding iklan
yg siapapun membacanya atau siapapun tidak membacanya. Yang termasuk
direct mail adalah Surat, Faksimili, Email, BBM, SMS, Katalog, Stiker
Nomor Penting, dll

 



6. Direct Sales





 



 


Direct sales adalah penjualan yg dilakukan secara langsung kepada target
market. Orang-orang bagian penjualan adalah salah satu ujung tombak
penting dalam pemasaran yg sekaligus merupakan bentuk faktor kali dari
penjualan kita. Kita harus selalu memberikan insentif dan training yg
memuaskan



7. Direct Agent





 



Jika produk-produk kita memiliki jangkauan (persebaran) yg luas,
sebaiknya di setiap kota kita memiliki agen. Ini bisa dengan Franchise,
Cabang, Distributor, Multi Level Marketing, Licensing



8. Host Beneficiary





 



 


Anda mempromosikan Produk & Jasa Anda langsung kepada customer
perusahaan lain. Contohnya isi ulang pulsa sekian ribu gratis 1 liter
pertamaxxxx



9. Telemarketing





 



 


Menyentuh target market dengan sepenuhnya menggunakan telepon. Untuk
melakukan hal ini diperlukan Sales Script yg benar2 teruji agar
telemarketing dapat menyentuh target market yg tepat



10. Joint Venture





 



Kerjasama dua pihak atau lebih. Joint Venture juga bisa dilakukan dengan
kompetitor Anda, jika memang jadwal produksi kita sedang padat, dll.
Dengan Begitu Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena jika
suatu ketika jadwal kompetitor kita yg padat, tidak menutup kemungkinan
mereka akan melempar (mengingat) kepada Anda



11. Memberikan Seminar





 



 


Daripada kita beriklan besar-besaran di sebuah media tanpa fokus pada
target market dengan hasil yg tidak optimal, sebaiknya kita melakukan
pilar marketing yg kesebelas ini, yakni mengadakan seminar. Dengan
memberikan seminar sebenarnya kita dapat lebih fokus pada target market
kita (tentu saja jika seminarnya dipersiapkan dengan matang)





12. Canvasing / Booth





 



 


Pilar ini sangat tepat jika dilakukan pada target market yg tepat. Cara
ini biasanya banyak digunakan oleh mal-mal besar. Contohnya adalah
menggunakan Sales Promotion Girl atau SPG.









 

Segala hal harus senantiasa dites, diukur dan dilakukan monitoring secara
berkala, karena dengan begitu kita jadi tahu letak kesalahannya dan bisa
memperbaikinya sedini mungkin sebelum terlambat

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar